PJSTL 2022, Wartawan Suara Merdeka: Kang Arista Bekali Pengelolaan Website dan SEO

KGS-News

Kyai Galang Sewu, tembalang-Ekstrakulikuler Development and Networking (DevNet) dan KGS Media Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu menggelar Pelatihan Jurnalistik Santri Tingkat Lanjut (PJSTL), Rabu (30/3). PJSTL ini merupakan bentuk follow up dari kegiatan pelatihan dasar yang digelar Jum’at (25/2).

Pelatihan yang bertujuan untuk menguatkan kapasitas santri di bidang media dan literasi itu dihelat di serambi Masjid Al-Ikhlas PP. KGS, dengan menghadirkan wartawan Suara Merdeka sekaligus alumni KGS, Kang Arista Nur Riski.

Dalam paparannya, Kang Arista mengajak para santri untuk meningkatkan skill menulis di media online. Adapun materi kejurnalistikan yang disampaikan meliputi pengenalan jenis media teks, cara membuat judul berita yang menarik, pentingnya SEO, tips mengutip sumber bacaan, dan membedakan berita aktual dengan evergreen (everlasting).

Pelatihan ini lebih difokuskan ke jurnalisme online, sebab di era digital ini semua informasi dapat diakses secara online. Untuk itu, wartawan sekaligus editor Kontenpedia ini meminta santri untuk memahami pengelolaan website dalam menghasilkan berita yang berkualitas dan sebagai media branding PP. KGS. Kemudian Kang Arista memperkenalkan tata cara pengoptimalan Search Engine Optimazation (SEO) sebagai bekal pengelolaan website. SEO sendiri memiliki peranan penting dalam kemajuan sebuah website. Dalam paparannya, Kang Arista menjelaskan urgensi SEO yaitu untuk memenangkan pertempuran di mesin pencari Google. Sehingga SEO menjadi strategi yang tepat agar berita seputar PP. KGS ditemukan oleh banyak orang.

“Google memiliki algoritma yang sangat mengutamakan pengalaman pencarian pengguna. Dengan kata lain, algoritma Google akan merekomendasikan konten di mesin pencari sesuai dengan kebutuhan penggunanya,” jelasnya.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan mengenai rahasia SEO yang termuat pada akronim PPT, yaitu, people, place, dan things. Ketiga elemen ini merupakan keyword atau kata kunci agar sebuah website berada di peringkat atas dalam pencarian.

Terakhir, Kang Arista menyampaikan tips menulis yaitu dengan cara memposisikan penulis sebagai pembaca, tulisan merupakan milik pembaca, dan membuat kalimat pendek yang efektif.

Reporter: Atia dan Hassa (KGS/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.