Khotmil Qur’an, Bapak Salaf: 60 ribu malaikat Hadir untuk Mendo’akan

KGS-News

Kyai Galang Sewu, Tembalang-Membaca al-Qur’an merupakan salah satu amalan mulia di bulan ramadhan. Banyak keutamaan membaca al-Qur’an yang sudah dijelaskan secara gamblang di dalam Al-Qur’an dan riwayat hadist. Sehingga banyak orang yang mengisi bulan ramadhan ini dengan kegiatan positif. Demikian halnya dilakukan oleh jama’ah Masjid Al-Ikhlas Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu Semarang.

Usai melaksanakan rangkaian tadarus di bulan Ramadhan, kini Jum’at (22/04) yang bertepatan pada malam 21 Ramadhan 1443 H, di Masjid Al-Ikhlas telah dilaksanakan khotmil Qur’an usai sholat tarawih dan witir. Acara ini dihadiri oleh pengasuh PP KGS, takmir masjid, santri, dan masyarakat Kelurahan Jurang Belimbing dengan beberapa rangkaian acara, yaitu pembacaan Al-Qur’an, do’a Qur’an, tahlil, mahalull qiyam, mauidhoh hasanah, dan do’a penutup.

Bapak Kyai Muhammad Nur Salafuddin AH, pengasuh PP KGS menyampaikan beberapa kemuliaan khotmil Qur’an saat mauidhoh hasanah. Beliau menyebutkan bahwa orang yang hadir di khotmil Qur’an termasuk orang yang terpilih dan mulia karena ditakdirkan Allah.

“60 ribu malaikat yang turun akan mendoakan dari malam sampai subuh. Jika khotmil Qur’an dimulai pagi hari maka didoakan sampai maghrib, baik orang yang membaca do’a khotmil Qur’an atau orang yang hadir di dalamnya,” tutur Bapak Kyai Muhammad Nur Salafuddin AH.

Bapak Salaf, sapaan akrab beliau oleh para santri-santriwati, baliau menambahkan ada 4 ribu malaikat yang mengamini do’a khotmil Qur’an. Sehingga orang-orang yang membaca do’a dan hadir dalam majlis khotmil Qur’an, do’anya mustajab sampai subuh.

Acara Khotmil Qur’an tersebut berjalan dengan khidmat dan disambut positif oleh semua elemen masyarakat Jurang Belimbing. Sesuai tradisi nahdliyin, tradisi ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keakraban dengan diakhiri kegiatan makan jaburan bersama.

Reporter: Desi/Atia (KGS/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.