Buka Perlombaan Haul 2023, Bapak Salaf Ingatkan Pentingnya Keberkahan Ilmu

KGS-News

Tembalang, Lensa-Pengasuh Pondok Pesantren (PP.) Kyai Galang Sewu (KGS), Bapak Kiai Salafuddin  secara resmi membuka kegiatan perlombaan haul 2023 di serambi Masjid Al-Ikhlas, Selasa, (19/11/2022). Dalam sambutannya, Bapak Salaf memberikan pesan kepada seluruh santri PP. KGS tentang keberkahan ilmu seorang santri. 

Beliau bercerita tentang seorang alumni pesantren yang sukses di masyarakat dan santri yang tidak dapat mengamalkan ilmunnya di masyarakat. 

Bapak Kiai Salafuddin, menyebutkan bahwa keberkahan dan kebermanfaatan ilmu seorang santri itu tidak dapat dilihat  secara dhohir. Namun, kuncinya terletak di awal mencarinya, yang harus diawali dengan niat yang baik secara ikhlas, disiplin, dan tertib akan merasakan keberkaahan ilmu dihasil akhirnya. Sebab keberkahan ilmu yang akan menyelamatkan seorang santri dunia dan akhirat. 

Beliau juga menceritakan alumni salah satu pondok pesantren yang memiliki kecerdasan dan guru yang sama, akan tetapi dampaknya ke masyarakat berbeda. Hal ini dikarenakan bagaimana proses awal dalam mencari ilmu, apakah tertib atau melanggar yang menjadikan ilmunya tidak berkah hingga tidak bermanfaat di masyarakat. 

“Salah satu cara mendapatkan keberkahan ilmu adalah dengan tidak menyepelekan apapun yang menjadi kegiatan pondok. Apapun kegiatannya diniatkan hormat kepada shohibul haul dan masyayikh,” pesan Bapak Salaf.

Di akhir pidato pembukaanya, Bapak Salaf berharap kepada seluruh santri kyai galang sewu untuk terus semangat dalam menyemarakkan rangkaian haul. Karena haul 2023 merupakan agenda terbesar pondok, sehingga harapannya para santri ikut andil dalam mensukseskan haul 2023. Selain itu, beliau juga berharap agar para santri lebih meningkatkan kepeduliannya dengan pondok untuk mendapatkan kemanfaatan dalam pendidikan.

“Sederhana yang akan didapatkan di pondok, Insyaallah akan mendapatkan ampunan dosa dan pahala seperti orang yang melakukan 1000 haji dan umroh. Semua kegiatan mendapatkan sir keberkahan yang luar biasa karena didasari dengan rasa cinta,” pungkasnya. 

Usai sambutan dilanjutkan pembukaan acara secara simbolis oleh Bapak Salaf dan diiringi riuh tepuk tangan santri. (Atia/red). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *