Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu, Sudahkah Mengenal?

            Pondok Pesantren ini resmi didirikan pada tanggal 16 Agustus 1999 atas rintisan (Alm) KH. M. Sam’ani Khoiruddin, S.Ag. Letaknya yang berada di kawasan kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) menjadikan Ponpes Kyai Galang Sewu (KGS) menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa yang ingin menuntut ilmu sembari memperdalam ilmu agama.

            Santri yang sebagian diisi oleh mahasiswa UNDIP, Politeknik Negeri Semarang (Polines), dan sekitarnya ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka sama-sama belajar ilmu agama dan kuliah. Sehingga Pondok Pesantren KGS ini mempunyai waktu yang tidak sama seperti Pondok Pesantren Salaf yang lainnya.

  Tidak hanya mengaji, santri juga diberi kesempatan untuk mempelajari pelajaran di kuliah. Sehingga dilengkapi dengan fasilitas penunjang belajar. Seperti koneksi Internet (Wi-Fi), diperkenankan membawa alat elektronik seperti laptop dan ponsel genggam (HP).

             Setiap harinya semua santri mengikuti kegiatan pondok jika tugas dan jam perkuliahan telah usai. Pondok ini juga memberi kelonggaran bagi santrinya yang masih terdapat kegiatan kampus, sehingga harus ijin meninggalkan kegiatan pondok.

             Kegiata-kegiatan yang terdapat di Pondok Pesantren KGS seperti, Ziarah Tahunan, Mujahadah, Rutinan Maulid setiap senin malam, Madrasah Diniyyah, Haul dan Akhirussanah, Roan setiap sabtu/ahad, dan kegiatan yang lain. Justru dengan kegiatan yang bervariatif, membuat diri santri menjadi lebih mandiri dan kreatif. Sehingga tak sedikit dari santri Pondok Pesantren KGS banyak mendulang prestasi di Kampus maupun diluar kampus.

             Tidak bisa dipungkiri juga bahwa, sebagai santri yang bermahasiswa jauh lebih sulit tantanganya. Karena, mereka harus benar-benar bisa membagi waktu dengan baik. Sehingga diharapkan santri Pondok ini bisa menjadi santri yang berkualitas, dimana tidak hanya menekuni dan mampu dalam ilmu agama, akan tetapi juga dalam ilmu umum. Semoga Semua itu membawa keberkahan, Amin. (Zakki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *