Masjid Al-Ikhlas Potong 14 Ekor Hewan Qurban Hari Ini

Tembalang, Masjid Al-Ikhlas Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu (PP KGS) sukses merayakan Hari Raya qurban dengan memotong 14 ekor hewan qurban (1/8). Jumlah tersebut terdiri atas 3 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Pemotongan hewan qurban tersebut dilaksanakan di kompleks Masjid Al-Ikhlas dan Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu.

Pelaksanaan qurban di mulai pukul 8 pagi waktu setempat. Tak sedikit masyarakat sekitar yang membantu dalam proses penyembelihan dan pemotongan hewan qurban tersebut. Seluruh santri Putra KGS juga turut andil selama proses berlangsung hingga akhir. Dimana semua keperluannya telah di persiapkan santri putra sebelumnya.

Dalam penyembelihan, santri putra PP KGS telah dibagi peran dalam pengeksekusiannya. Seperti di bagian kelet (pelulangan), menyiapkan tempat untuk memotong daging qurban, hingga juru masak dan distributor.

Pak Umam, selaku ketua pelaksana qurban tahun ini menuturkan bahwa, dengan adanya qurban dapat menjadi momentum saling membantu dan meningkatkan ukhuwah persaudaraan di antara sesama muslim, saling berbagi, dan mengharap ridlo-Nya atas apa yang dipersembahkan dan meneladani  makna dari kisah Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail.

“Semoga dengan qurban kali ini, kita dapat menjaga tali persaudaraan sesama muslim dan semoga apa yang kita qurbankan mendapat ridlo dari Allah SWT,” tuturnya.

            Daging qurban yang telah di potong nantinya akan di distribusikan ke masyarakat sekitar, terutama yang sangat membutuhkan, seperti orang jompo dan janda. Setiap kepala keluarga akan mendapatkan satu kilo gram kurang seperempat dari daging qurban tersebut. Dengan seperti itu pembagiannya akan merata, tambahnya.

            Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, jika di akhir terdapat makan bersama dari masyarakat dan  santri yang telah membantu dalam proses pemotongan hewan qurban. Hal ini tentunya melatih jiwa sosial di setiap diri santri sebelum terjun ke masyarakat secara langsung. (Zakki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *